Minggu, 31 Desember 2017

Jemparingan Langenastro, Langenastran Jogja - GENPI

Jemparingan Jogja


-
Selain di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kamu bisa berlatih jemparingan di Langenastran, bersama klub Langenastro Jogja.

Jemparingan merupakan olahraga panahan khas Kerajaan Mataram. Berasal dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan dipelopori oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792). Tujuannya adalah untuk membentuk watak ksatria bukan hanya untuk prajurit, tapi juga para bangsawan.

Jemparingan yang awalnya hanya dilakukan oleh bangsawan kerajaan, akhirnya menyebar menjadi kegiatan hiburan untuk rakyat. Sampai saat ini latihan jemparingan masih rutin diselenggarakan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kegiatan ini diselengarakan tiap selasa sore di Plataran Kamandungan Kidul, yang terletak di sebelah utara Alun-Alun Selatan. 

Langenastro adalah komunitas jemparingan di Yogyakarta yang rutin melaksanakan latihan setiap rabu sore pukul 16.00 WIB dan sabtu pagi mulai pukul 09.00 WIB. Latihan rutin ini dilakukan di Sasana Jemparingan Langenastro jalan Langenastran Kidul dekat dengan Alun-Alun Kidul. Ada yang berbeda ketika latihan jemparingan dibandingkan dengan latihan panahan menggunakan standar bow (panahan modern saat ini).


Menggunakan UDHENG dan NYAMPING (jarik) adalah kewajiban ketika berlatih jemparingan. Saat gladen wajib menggunakan busana jawa lengkap bagi peserta pria, wanita maupun anak-anak. Gladen adalah perlombaan jemparingan, di Langenastro sendiri rutin mengadakan gladen setiap Rabu legi.
-
Gladen ini dapat diikuti oleh semua anggota dengan tiga pembagian kategori: untuk PRIA, WANITA dan Satria-Alit (anak-anak). Kalau kamu ingin mencoba bermain jemparingan sudah tersedia semua perlengkapan di Langenastro. Tapi kalau kamu ingin SERIUS menjadi ksatria jemparingan lebih baik memiliki perlengkapan sendiri.
-
-
Sumber : Langenastro, Ksatria Penjaga Budaya Panahan Jawa https://genpijogja.com/langenastro-ksatria-penjaga-budaya-panahan-jawa.html
-

Jemparingan Langenastro kie APA? www.JEMPARINGAN.COM

Jemparingan.Com  .  Jemparingan adalah permainan panahan-tradisional yang banyak digemari warga Jogja. Busur & anak-panahnya dari kayu ...